['

Rabu, 29 Oktober 2014

Perubahan Tubuh Saat Hamil

Ibu hamil, tidak hanya perut yang mengalami perubahan, tapi anggota tubuh  lainnya mengalami perubahan. Kadar hormon dalam tubuh Ibu akan mengalami peningkatan yang drastis. Perubahan hormon mempengaruhi perubahan fisik si Ibu. Apa saja yang turut mengalami perubahan selama hamil??

1. Rambut
Rambut Ibu saat hamil akan cenderung rapuh, namun bisa juga lebih bervolume.

2.Wajah
Kulit Ibu akan lebih lembap, pipi lebih merona, dan kerutan wajah akan berkurang. Pada saat bersamaan bermunculan juga bintik-bintik cokelat, jerawat, dan pembuluh darah yang menyerupai sarang laba-laba di beberapa bagian tubuh. Namun jangan kuatir, gejala ini bersifat sementara dan akan hilang nantinya.

3.Payudara
Selama minggu-minggu pertama kehamilan, Ibu akan merasakan nyeri di bagian payudara sebagai indikasi awal kehamilan. Ukuran payudara Ibu juga cenderung bertambah besar.

4.Tubuh
Hal yang paling ditakuti dan dialami oleh hampir 90% ibu hamil adalah bermunculannya stretch marks di bagian perut, pinggang, payudara, dan paha. Di bagian pusar pun mungkin bisa muncul stretch marks berbentuk garis vertikal. Jangan kuatir, stretch marks secara alamiah akan memudar. Tanda lain, setelah memasuki bulan ketiga, perut Ibu semakin membesar. Inilah alasan yang tepat untuk mulai belanja baju baru.

5. Kaki
Salah satu jenis varises yang biasanya terjadi pada ibu hamil adalahvaricose veins, kondisi dimana pembuluh kaki melebar. Celana longgar atau ketat khusus ibu hamil bisa menjadi trik untuk menyembunyikan varises tersebut.

6. Telapak kaki

Telapak kaki Ibu mungkin akan membengkak setelah empat bulan kehamilan, karena cadangan air dalam tubuh meningkat di masa ini.Kenapa tidak menjadikan hal ini alasan untuk membeli sepatu baru? Yang terpenting, nikmati saja momen-momen penuh keajaiban ini ya.

0 komentar:

Posting Komentar