['

Rabu, 06 Agustus 2014

Kopi Untuk Ibu Hamil

Sejak awal kehamilan, mungkin kita sudah sering mendengar nasihat untuk menghindari kafein selama hamil. Sebenarnya, apa efek kafein untuk ibu hamil dan janin? Lalu, apa sajakah makanan dan minumuan yang mengandung kafein?

Risiko Kafein
Kafein terdapat di dalam banyak hal yang disukai wanita. Kopi dan cokelat merupakan dua hal yang ada di dalam daftar terfavorit, teh, minuman bersoda, dan minuman berenergi pun mengandung kafein.



Konsumsi kafein yang terlalu banyak akan meningkatkan risiko keguguran atau melahirkan bayi yang bobotnya terlalu ringan. Kafein berlebihan (di atas 500 miligram) juga dapat mempercepat detak jantung serta pernafasan bayi, sehingga membuat si Kecil terjaga lebih lama.

Batas Harian yang Wajar
Jika kita adalah seorang penyuka makanan atau minuman berkafein, pada dasarnya kita masih boleh menikmatinya selama mengikuti anjuran batasan harian, yaitu sekitar 200 miligram. Risikonya masih termasuk kecil bila Ibu mengonsumsi sedikit di atas batasan itu.

Sebaiknya memerhatikan kandungan gizi dalam makanan yang dikonsumsi selama masa kehamilan. Tabel di bawah ini dapat memperlihatkan takaran kandungan kafein yang ada dalam makanan tertentu. Perlu dicatat, makanan-makanan ini juga mengandung hal-hal lain yang mungkin harus dibatasi, misalnya gula.

Jika kita hendak mengurangi konsumsi kafein, cobalah beralih ke versi minuman atau makanan yang lebih ’ringan’. lagipula kopi atau minuman bersoda tanpa kafein memiliki rasa yang menyerupai minuman berkafein. Mengangkat kantong teh setelah satu menit menyeduh juga akan membantu mengurangi kandungan kafein, bila dibandingkan dengan menyeduhnya selama lima menit.

Sebagai catatan, kandungan kafein antara satu merek dengan merek lainnya itu berbeda-beda,Kopi espreso misalnya, memiliki kandungan antara 50 miligram sampai 300 miligram. Produk yang terlihat aman pun mungkin mengandung kafein, terutama obat-obatan dari apotek. Sebaiknya selalu memeriksa label nutrisi jika tersedia, dan buat takaran harian, untuk memastikan konsumsi kafein tetap dalam batas yang aman bagi Ibu dan janin. Untuk lebih pastinya, hubungi ahli kesehatan atau hindari makanan yang meragukan.

11 komentar:

  1. bagus infonya =)

    www.rinaprettyhealthy.com

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat infomanya
    http://azzamkomputermurah.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. ternyta ada efeknya ya kopi buat ibu hamil

    BalasHapus
  4. Hello dear friend.
    I want a nice evening.
    Teb.

    BalasHapus
  5. wah ternyata kopi untuk ibu hamil di bikin special yh sob :)

    BalasHapus
  6. saya baru tau kopi juga bermanfaat untuk bumil ya sist, terima kasih tips nya sist

    BalasHapus
  7. I want a nice day.
    The sky is mild and the sun shines.
    Teb.

    BalasHapus
  8. dear friend, easy to live without levity,
    to be cheerful without exuberance,
    To have courage without arrogance -
    that is the art of life.
    I wish you a wonderful Wednesday

    BalasHapus
  9. Greetings from Belgium my friend

    BalasHapus
  10. hello, dear friend, my Thursday greeting swims straight to you
    on board is a coffee
    a smile for the day, and peace, freedom, justice for all people in this world:

    BalasHapus
  11. Hello my friend.
    I wish a beautiful afternoon.
    A wonderful sunny weekend.
    Teb.

    BalasHapus