['

Sabtu, 30 Agustus 2014

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Semasa Hamil

Salah satu masalah yang terkadang dialami ibu hamil adalah gangguan kesehatan mulut dan gigi. Gangguan ini disebabkan ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron selama kehamilan. Yang mesti diwaspadai, ibu hamil yang gusinya terinfeksi atau giginya berlubang dapat menularkan infeksi pada janinnya. Caranya melalui sirkulasi peredaran darah yang dapat berisiko pada kelahiran prematur dan risiko terserang pre eklamsia atau keracunan kehamilan.

Namun, jika sebelum kehamilan Anda sangat menjaga kesehatan mulut dan gusi serta melakukan kontrol dengan rutin, Anda akan terhindar dari masalah kesehatan gigi. Berikut tips menjaga kesehatan mulut dan gigi saat hamil :

1. Beritahu dokter gigi jika Anda sedang hamil. Periksa dan jagalah kesehatan mulut serta gigi sebaik mungkin. Perawatan dental rutin dapat dilakukan pada trimester kedua.

2. Perawatan gigi selama trimester pertama dan trimester ketiga sebaiknya dihindari, kecuali pada kasus gawat darurat.

3. Makanan harus dijaga nilai gizinya yang lengkap dan seimbang.Hindari camilan tinggi gula.

4. Biasakan berkumur dengan obat kumur sebelum dan setiap bangun tidur. Obat kumur yang murah adalah air garam hangat atau rebusan daun sirih.

5. Tunda tindakan ke dokter gigi seperti pencabutan gigi atau perawatan saluran akar, karena dapat menimbulkan risiko yang lebih besar bagi ibu hamil dan bayi dibanding risiko tindakan itu sendiri.

6. Tunda prosedur kedokteran gigi yang tidak mendesak seperti pemasangan kawat ortodontik ataubleaching . Sebaiknya ditunda sampai setelah persalinan.

7. Sebaiknya hindari sinar X. Jika rontgen dental sangat diperlukan, upayakan menerapkan kehati-hatian untuk melindungi ibu hamil dan bayi dengan menggunakan apron atau baju pelindung.

Sumber : www.tabloidnova.com

0 komentar:

Posting Komentar