['

Senin, 18 Agustus 2014

Tahapan Janin Dalam Perut

Pernahkah Ibu membayangkan bagaimana fase pembuahan dihitung? Dalam memperkirakan tanggal kelahiran, ahli-ahli kesehatan menggunakan masa menstruasi terakhir sebagai penanda awal, karena sulit memastikan hari persisnya pembuahan. Oleh karena itu, minggu terakhir Ibu menstruasi dianggap sebagai minggu ‘resmi’ dimulainya kehamilan.

Pada minggu kedua, tingkat hormon estrogen meningkat, dan akan memicu lapisan jaringan yang subur. Hormon progesteron bertugas untuk menyiapkan tubuh Ibu untuk menunjang sel telur yang telah dibuahi, juga menciptakan kediaman yang nyaman bagi si Kecil selama masa kehamilan. Pada saat ini, sel-sel telur dalam indung telur matang dan menjadi kantong yang berisi cairan (folikel). Sel telur dalam kondisi inilah yang siap dibuahi oleh sel sperma.



Sistem tubuh Ibu akan sibuk beraktivitas di minggu ketiga. Pada pertengahan siklus (hari ke-14 dari siklus 28 hari), pembuahan sedang berlangsung. Salah satu sel telur akan dikirim ke dua buah saluran yang sangat halus (buluh rahim). Sel telur itu akan tetap di sana selama 12-24 jam. Kemudian, pembuahan akan terjadi jika sel sperma berpadu dengan sel telur di buluh rahim.

Pada saat pembuahan, sel telur berubah menjadi zigot, dan menutup selaput terluarnya untuk mencegah penetrasi dari sel sperma lain. Kemudian, zigot akan membelah diri menjadi sel-sel yang identik, dan memulai perjalanan ke rahim. Sel-sel itu akan tumbuh menjadi janin. Walaupun biasanya baru diketahui beberapa minggu kemudian, banyak wanita percaya bahwa mereka tahu persis kapan terjadinya pembuahan.

Jika Ibu sedang merencanakan kehamilan, sekarang saatnya untuk membuang kebiasaan buruk demi kebaikan kandungan Ibu. Hindari merokok, termasuk menjadi perokok pasif. Minum-minuman keras, obat-obat tanpa resep juga perlu dihindari agar Ibu tetap bugar. Menu makanan sehat selama kehamilan juga penting, dan berikut adalah asupan yang dibutuhkan selama kehamilan:

Perlu diingat bahwa sangat disarankan untuk menemui ahli kesehatan profesional untuk memahami dan mengoptimalkan kesempatan untuk mengandung.

7 komentar:

  1. hello, dear friend, once pause in the day and the beautiful things deliberately. This moment brings before life, joy and happiness ago.
    I wish you a nice Sunday

    BalasHapus
  2. Good morning and good Monday.
    The sun and a magical week.
    Teb.

    BalasHapus
  3. hello, dear friend,
    Thoughts are wings of the soul
    because they are there,
    where we will send it out
    to be with the people,
    are close to our hearts.
    I wish you a great start to the week

    BalasHapus
  4. Hei og god tirsdag.
    Solfylt dag.
    Teb.

    BalasHapus
  5. Hello and good Tuesday.
    Sunny day.
    Teb

    BalasHapus
  6. hello, dear friend, smile, always smiling,

    you never know who is watching you
    I wish you a wonderful Tuesday

    BalasHapus